Resep Masakan Indonesia yang pasti sedap dan Mantab

Resep dan cara membuat Onde-onde

Resep dan cara membuat Onde-onde
Onde onde merupakan makanan khas Indonesia. Onde onde adalah makanan yang berbentuk bulat dan memiliki isi di dalamnya berupa kacang hijau yang unik dari jajanan ini adalah kulitnya yang di taburi dengan wijen sehingga makanan ini memiliki ciri khas tersendiri. Kalo anda sering membeli onde -onde bagaimana kalau kita coba membuatnya sendiri di rumah yuk kita simak resep dan caranya hanya di menumantab.

Bahan :
150 g tepung ketan
15 g tepung kanji
15 g gula pasir
1/4 sdt garam halus
1 butir telur, kocok lepas
100 ml air hangat
50 g wijen
minyak untuk menggoreng

Bahan isi:
150 g kacang hijau kupas, rendam selama 1 jam
1 lembar daun pandan
75 g gula pasir
1/4 sdt pasta vanili
1/4 sdt garam halus

Cara membuat:

  1. Isi: kukus kacang hijau bersama daun pandan selama 40 menit atau hingga empuk. Angkat lalu haluskan. Campur kacang hijau dengan gula pasir, pasta vanili, dan garam. Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga adonan dapat dipulung, angkat. Setelah agak dingin, bentuk menjadi bulatan-bulatan. Lakukan hingga adonan habis.
  2. Kulit: campur tepung ketan, tepung kanji, garam, dan gula, aduk rata. Masukkan telur dan air hangat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga terbentuk adonan yang kalis dan bisa dibentuk.
  3. Bagi adonan kulit menjadi 15 bagian, bentuk menjadi bulatan-bulatan. Ambil satu bulatan adonan kulit, pipihkan. Beri bahan isi, lalu bentuk kembali menjadi bulatan. Lakukan hingga semua bahan habis.
  4. Gulingkan adonan yang telah dibentuk ke atas wijen hingga seluruh permukaannya terselimuti wijen.
  5. Masukkan kue ke dalam minyak dingin, goreng dengan api sedang hingga kue terapung dan matang. Angkat dan tiriskan.

Posted by on 3:06 AM,