Resep Masakan Indonesia yang pasti sedap dan Mantab

Cara Membuat Bakpao Isi Jamur

Cara Membuat Bakpao Isi Jamur
Apakah anda pernah melihat penjual bakpao keliling? nah tentu anda tau makanan yang satu ini. Hidangan ini sangat banyak dijual di indonesia bentuknya yang khas serta rasa dan aromanya juga nikmat untuk di santab. Makanan ini merupakan Roti kukus dengan Isi didalamnya ada berbagai macam isi yang bisa anda temukan pada bakpao seperti kacang hijau, daging, kacang merah dll. Nah kali ini menu mantab akan memberikan resep dan cara membuat Bakpao Isi Jamur. Penasaran kan? Mari kita simak cara pembuatannya.

Bahan 1 :
125 g tepung terigu
1/2 sdm ragi instan
75 ml air

Bahan 2 :
75 g tepung terigu
30 g gula pasir
1/2 sdt soda kue
2 sdm air
25 g margarin

Isi:
10 buah jamur kancing, iris kecil-kecil
5 lembar jamur kuping, rendam dalam air, iris halus
2 buah jamur hioko, rendam dalam air panas, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang halus
1 cm jahe, cincang halus
1 sdm kecap ikan
1 sdm saus tiram
1 sdt minyak wijen
2 batang daun bawang, iris halus
minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Campur semua bahan 1, uleni hingga kalis. Tutup adonan dengan kain lap basah, diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai adonan mengembang.
  2. Masukkan bahan 2 ke dalam adonan bahan 1, uleni hingga kalis selama kurang lebih 5 menit. Bagi adonan menjadi 8 bagian, sisihkan.
  3. Isi: Panaskan minyak, tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan jamur kancing, jamur kuping, dan jamur hioko. Aduk rata. Bubuhi kecap ikan, saus tiram, dan minyak wijen. Masak hingga bumbu meresap. Tambahkan daun bawang, aduk rata, sisihkan.
  4. Ambil 1 buah adonan kulit, tipiskan menjadi bulat pipih, isi dengan satu sendok makan adonan isi, lalu bentuk bulat atau sesuai selera.
  5. Kukus kurang lebih selama 20 menit hingga matang.
  6. Angkat, sajikan hangat.

Posted by on 11:11 PM,